Kenali World Solar Challenge, Event Tahunan Lomba Desain Mobil Apik Bertenaga Surya

the dreamy flower - Lomba desain mobil apik bertenaga surya selalu digelar setiap tahunnya. Sebelumnya lomba serupa pernah diselenggarakan dua tahun silam dengan tema yang sama. Menurut situs info teknologi terbaru, lomba tersebut diadakan untuk menjadi solusi meminimalkan konsumsi bahan bakar minyak di seluruh dunia. Bernama World Solar Challenge (WSC), tahun ini diadakan di benua Australia. Banyak Negara yang berpartisipasi dengan mengirimkan perwakilan institusi yang inovatif dalam Negaranya. Tuan rumah sendiri sudah siap berlomba dengan tamu-tamu dari Negara lain yang tidak kalah apik dan hebat.


Dalam WSC terbagi atas tiga kelas kategori, yaitu challenger, cruiser, dan adventure. Lomba yini diselenggarakan di Australian Outback. Nantinya mobil yang sudah didesain khusus dengan tenaga surya akan menempuh jarak Darwin-Adelaide kurang lebih sejauk 3.300 kilometer.

Di arena perlombaan terlihat banyak masterpiece-masterpiece andalan setiap Negara. Nantinya mobil tersebut akan tercipta sebagai mobil penyelamat lingkungan dengan menggunakan bahan bakar minimal namun bertenaga besar dan tidak menimbulkan banyak solusi.

Selama perjalanan dari Darwin-Adelaide, mobil hanya boleh berjalan pukul 07.00 sampai dengan 17.00 waktu setempat. Selebihnya mobil akan beristirahat untuk di-charge untuk tenaga di keesokan harinya.

Untuk sekedar info, Indonesia pernah turut mengirimkan satu perwakilannya untuk mengikuti WSC. Mobil bertenaga surya yang diwakili oleh salah satu institusi Negeri di Tanah Air ini diberi nama Widya Wahana V atau yang lebih dikenal dengan sebutan WW5.

Komentar

Postingan Populer